Selasa, 31 Januari 2017

Cerdas Finansial

Picture source: www.centreofexcellence.com
Apakah Anda pernah merasa bahwa gaji sebulan tidak cukup? Sehingga rasanya ingin punya uang tambahan? Atau Anda ingin bisa belanja apa saja tanoa merasa bersalah? Ingin mengganti kendaraan Anda yang sudah lama dan butut? Ingin jalan-jalan ke berbagai tempat di seluruh dunia? Ingin jadi donatur kegiatan amal dan membantu banyak orang? Cara yang paling mudah dan paling efektif adalah dengan menjadi KAYA. Caranya? Berpikirlah seperti orang kaya, maka uang akan mendekat dengan berbagai cara.

Pola Pikir Orang Kaya

Salah satu ciri orang kaya adalah bahwa mereka umumnya memiliki pola pikir yang CERDAS FINANSIAL, baik mereka sadari ataupun tidak. Apa itu cerdas finansial? Cerdas finansial adalah kemampuan kita menghasilkan dan mengelola uang, serta menjadikan uang bekerja memperbanyak jumlah kekayaan kita. Apakah kita benar-benar membutuhkannya? Cerdas finansial membantu kita untuk tidak terjerembab ke dalam kesalahan-kesalahan finansial yang akibatnya harus ditanggung seumur hidup. Cerdas finansial membantu kita mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mewujudkan semua impian kita dengan lebih cepat, sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu seumur hidup untuk mewujudkannya. Waktu kita di dunia hanya sebentar, sedangkan impian kita sangat banyak. Oleh karenanya kita harus bekerja dengan cerdas supaya kita bisa mewujudkan semua impian kita segera.

Menjadi Cerdas Finansial

Apa yang kita butuhkan dan apa yang harus kita lakukan untuk menjadi orang yang  cerdas finansial? Sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana seharusnya mengelola uang dengan benar dan bagaimana uang bekerja. Kemudian kita harus mengetahui di mana posisi kita secara finansial. Setelah itu barulah kita buat road map sebagai panduan bagi kita mencapai tujuan-tujuan finansial. Salah satu cara untuk mencapai tujuan-tujuan finansial itu adalah dengan menjadi kreatif dan produktif. Kreatif artinya kita mampu menemukan dan menciptakan hal-hal baru. Produktif artinya kita mampu menggunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki untuk mencapai tujuan. 

Kebebasan Finansial

Pada akhirnya, semua kegiatan finansial yang kita rencanakan dan lakukan, bermuara pada satu tujuan yaitu kebebasan finansial. Bila kita telah bebas secara finansial, itu artinya kita tidak lagi merasa dikejar target untuk mendapatkan jumlah penghasilan minimal untuk memenuhi  kebutuhan hidup. Jika pikiran kita sudah tidak terbebani dengan kewajiban mencari uang, maka kita bisa mengaktualisasikan diri kita dengan bebas dan bisa mewujudkan semua impian kita. Seandainya kita bermimpi menjadi astronot yang bisa pegi ke bulan, maka itupun akan terwujud. Caranya? Jadilah pengusaha dan investor. Itu bukan hal mustahil. Banyak orang bahkan remaja yang bisa menjadi pebisnis dan investor di usianya yang masih belia. Contohnya saja seperti Hamzah Izzulhaq, Yasa Singgih, Leana Archer, Philip Hartman dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah jadi orang kaya, naiklah ke step berikutnya yaitu menjadi orang yang disayang manusia dan TUHAN. Bagikan kebahagiaan Anda pada orang-orang yang belum beruntung sebagai wujud syukur atas pencapaian yang luar biasa ini.

#ODOPfor99days
#Week5
#Post4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar