Senin, 02 Januari 2017

Hidup Semurah Mungkin


Hidup Semurah Mungkin. It seems a great idea. Sepertinya ini bisa menjadi solusi yang tepat di tengah himpitan ekonomi yang semakin menyesakkan dada. Seharusnya ide ini bisa menjadi gerakan nasional, supaya perekonomian Indonesia bisa bergerak ke arah yang lebih positif. Hidup Semurah Mungkin dapat menjadi langkah awal yang cukup sederhana, namun dapat memberikan efek yang luar biasa.

Mengurangi Sifat Konsumtif

Salah satu efek positif dengan hidup semurah mungkin adalah berkurangnya sifat konsumtif masyarakat. Jika masyarakat punya prinsip hidup semurah mungkin, mereka akan berpikir ulang saat hendak membelanjakan uangnya. Pentingkah barang yang hendak saya beli ini? Apakah saya benar-benar membutuhkannya? Apa keuntungan saya membeli barang ini? Apakah barang ini akan memberi nilai lebih? Mereka akan membeli suatu barang yang memang mereka butuhkan dan dapat memberi nilai positif pada pertambahan pendapatan mereka.

Meningkatkan Kemampuan Menabung

Dengan hidup semurah mungkin, masyarakat akan memiliki kemampuan menyisihkan uang untuk menabung. Dengan jumlah simpanan yang meningkat, mereka akan memiliki kemampuan back up dana yang bisa digunakan saat dibutuhkan.

Mendorong Kegiatan yang Lebih Produktif

Simpanan yang dimiliki juga bisa digunakan untuk membiayai kegiatan produktif seperti membuka usaha atau berinvestasi. Semakin banyaknya kegiatan produktif yang dijalankan oleh masyarakat akan membuat roda perekonomian negara bergerak positif. Meningkatnya jumlah produksi barang dan jasa dalam suatu negara merupakan salah satu indikasi positif peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Banyaknya unit usaha yang dikembangkan masyarakat akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Dengan meningkatnya daya serap tenaga kerja maka jumlah pengangguran akan berkurang. Dengan semakin banyaknya orang yang bekerja, hal ini secara langsung akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan kesejahteraan masyarakat tentunya juga akan menurunkan tingkat kemiskinan dan mengurangi kesenjangan dalam masyarakat.

Hal-hal tersebut merupakan dampak positif yang dapat kita raih  hanya dengan satu langkah kecil, yaitu Hidup Semurah Mungkin. Does it make sense?

#ODOPfor99days
#Week1
#Post1

2 komentar:

  1. Masih PR banget nih soal ini. Penasaran juga sama How low can we go dengan biaya hidup. Berapa banyak sih yang benar-benar-benar kita perlukan untuk bertahan hidup. Sudah lama pengen nulis tentang ini. Thanks for writing it Alfiah.

    BalasHapus
  2. U're welcome mbak Shanti. Ide muncul di postingan salah satu kawan penulis, Indari Mastuti, lalu saya terjemahkan sendiri versi saya. How low can we go? Hehe... we should think more about it.

    BalasHapus